A.
Pengertian Strategi Pembelajaran
Menurut Syaiful Bahri Djamarah
(2009:5), secara umum strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar
haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dihubungkan dengan belajar
mengajar strategi dapat diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru-anak didik dalam perwujudan
belajar mengajar
untuk mencapai tujuan yang telah
digariskan.
Nur (2000 : 7)
mengatakan, bahwa strategi belajar adalah operator-operator kognitif meliputi
dan diatas proses-proses yang secara langsung terlibat dalam menyelesaikan
tugas (belajar). Sumber lain mengartikan strategi, “sebagi suatu pola umum
tentang rentetan kegiatan yang
harus dilakukan untuk mencapai tujuan
tertentu. perlu disusun suatu strategi, karena tanpa adanya strategi yang cocok, tepat dan
jitu, tidak mungkin tujuan
dapat
tercapai. Strategi dapat
dikatakan sebagi pola umum yang berisi tentang rentetan kegiatan yang dapat
dijadikan pedoman (petunjuk umum)
agar
kompetensi sebagai tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal”. (Wina Sanjaya, 2012:99).
Berdasarkan
beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran adalah
pola-pola umum berisi rentetan kegiatan guru-anak didik
dalam perwujudan
belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.
Sebelum menentukan strategi pembelajaran yang dapat digunakan, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan menurut Shaleh (2001:43), diantaranya adalah:
a.
Tujuan pengajaran yang hendak dicapai.
b.
Hakikat,
ruang lingkup,
dan
urutan bahan pelajaran yang
akan
disampaikan.
c.
Kesiapan belajar siswa, yaitu kemampuan siswa mengikuti kegiatan
belajar-mengajar.
d.
Situasi dan kondisi belajar disekolah seperti: ruangan kelas jumlah
siswa, fasilitas,sumber
pelajaran dan
situasi belajar mengajar serta waktu yang tersedia.
e.
Teori pendidikan yang melandasi perbuatan mendidik yang
berhubungan langsung dengan nilai intruksional dan nilai intrinsic yang
ingin dicapai. Hal ini tentu saja berkaitan erat dengan wawasan
guru
dalam menerapkan strategi yang dipilih.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa
seorang guru harus terlebih dahulu
membuat pertimbangan dalam
pemilihan strategi
sebelum
melaksanakan proses pembelajaran, agar
dapat menemukan strategi yang
tepat sehingga
proses pembelajaran menjadi efektif
dan
efisien, karena strategi yang
dipilih menentukan langkah-langkah kegiatan belajar-mengajar.
B.
Pengertian
Strategi Pembelajarann Small Group Work
Menurut Martinis (2009: 71),
small-group work merupakan pembelajaran yang
menyuruh siswa
bekerja bersama – sama dalam suatu kelompok daripada menjelaskan secara klasikal. Sementara Huda (2013:44) menyatakan
pembelajaran small group work merupakan pembelajaran secara kelompok kecil terdiri 3-5 orang yang mendorong siswa untuk secara verbalisme mengungkapkan idenya,
dan
ini dapat membantu mereka memahami materi pelajaran.
“Group work melibatkan
peserta didik secara aktif
dalam belajar dan ini dapat meningkatkan
prestasi mereka
serta retensi”.
Pendapat Chris Kyriacou (2011: 112) menyatakan “kerja kelompok
kecil mengacu pada tugas
dan aktivitas yang dijalankan oleh sekelompok siswa
dengan disertai diskusi, refleksi dan
kolaborasi. Pentingnya penekanan keahlian yang
berkembang dari proses kerja
kelompok kecil, misalnya kecakapan sosial
dan komunikasi”.
Berdasarkan pendapat di atas
dapat penulis simpulkan bahwa small
group work (kerja
kelompok kecil antara 3–5 orang per kelompok) merupakan pembelajaran yang
berpusat kepada siswa
sehingga siswa dituntut untuk memperoleh pengetahuan sendiri melalui bekerja
secara
bersama – sama. Tugas
guru
hanya memonitor
apa yang dikerjakan siswa.
Keberhasilan
group
work
tergantung dari
banyak faktor Martinis
(2009: 72), yaitu :
1) Fokus pembelajaran
siswa harus jelas
2) Persiapan
siswa harus memadai
3) Bimbingan guru
pada siswa harus
jelas
4) Arahan tapi
tidak intervensi oleh guru
5) Monitoring dan
feedback oleh guru
6) Pengaturan waktu yang
bagus
dan
kesimpulan yang logis.
Belajar
tidak akan terjadi tanpa
adanya
kesempatan
untuk berdiskusi, membuat
pertanyaan,
mempraktikan bahkan mengajarkan kepada orang lain. Dengan menempatkan siswa dalam kelompok dan memberinya tugas, mereka akan
saling tergantung satu
dengan
yang lain untuk menyelesaikannya sehingga memberi
kemampuan berinteraksi dengan siswa
yang lain.
C. Keuntungan dan
Kelemahan Small Group Work
Small group work merangsang siswa untuk terus
menggali kemampuan masing
– masing individu untuk secara aktif belajar dalam
kelompok.
Beberapa keuntungan
Small
group work menurut
Martinis Yamin
(2009: 72 – 73) yaitu sebagai berikut
:
a.
Beberapa peserta
didik akan sangat efektif
ketika menjelaskan idenya kepada yang
lain dalam bahasa yang mudah mereka mengerti. Hal ini dapat
membantu pemahaman bagi anggota kelompok
untuk ketuntasan materi
pelajaran.
b.
Group work
mendorong peserta didik untuk
secara verbalisme
mengungkapkan idenya
dan ini dapat membantu mereka memahami materi
pelajaran.
c.
Group work melibatkan
siswa secara aktif dalam
belajar dan dapat meningkatkan motivasi serta prestasi
belajar.
d.
Group work memberikan
kesempatan kepada
seluruh siswa untuk melakukan pembelajaran dalam suasana yang
aman
dan nyaman.
e.
Group work membantu
siswa belajar menghormati
siswa lain, baik yang pintar maupun
yang lemah untuk bekerjasama antara yang satu dengan yang lain.
f.
Siswa lebih percaya diri atas
kemampuan mereka.
g.
Mendorong siswa yang lemah untuk tetap berbuat
dan
membantu siswa yang
pintar untuk mengidentifikasi celah dalam
pemahamannya.
Selain memiliki keuntungan
small group work juga memiliki beberapa keterbatasan menurut Martinis (2009: 73), diantaranya:
a.
Siswa harus
belajar bagaimana belajar dalam
lingkungan.
b.
Beberapa siswa mungkin
pada awalnya mendapatkan kesulitan
seperti yang
dialami anggota grup
lainnya (mungkin karena mereka tidak popular
atau berbeda antara
satu anggota dengan anggota lainnya dalam group).
c.
Interaksi siswa
dalam setiap grup, beberapa siswa
akan
menghabiskan waktu diskusi dengan persoalan yang
tidak relevan.
d.
Beberapa siswa lebih suka belajar secara langsung dan tidak senang
ketika guru menyuruh mereka untuk mengajar sesama mereka.
Berdasarkan pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa selain memiliki keuntungan
atau kelebihan strtategi pembelajaran small
group work juga memiliki beberapa keterbatasan.
D.
Langkah-langkah Pembelajaran Small
Group Work
Pelaksanaan pembelajaran small group work dalam pembelajaran praktik
menurut Martinis Yamin (2006:73)
adalah sebagai
berikut :
1) Guru
menyampaikan tujuan
pembelajaran
dan
memotivasi siswa.
2) Guru
menyajikan materi
pembelajaran
secara klasikal.
3) Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
kecil (3 – 5 orang per kelompok).
4) Masing – masing kelompok mengerjakan tugas praktik sesuai lembar kerja.
5) Arahan dan bimbingan dari
pendidik terhadap kerja
kelompok, tetapi bukan intervensi.
6) Evaluasi
dan umpan balik
serta memberikan penghargaan
yang lebih
diutamakan kepada individu,
bukan kelompok.
Berdasarkan uraian di atas, prosedur penerapan active learning
tipe small group work menurut Wina Sanjaya (2012:99) dapat
dijabarkan sebagai berikut
:
1)
Tahap
persiapan (kegiatan awal)
a)
Menjelaskan
tujuan
yang ingin dicapai. Tujuan ini meliputi beberapa aspek seperti aspek kognitif, afektif
dan psikomotor.
b)
Memberikan informasi latar belakang mengapa pelajaran
tersebut penting agar membuat siswa termotivasi
dan siap belajar.
c)
Menjelaskan definisi singkat pelaksanaan pembelajaran small group work.
2)
Tahap penyajian (kegiatan ini)
a)
Menjelaskan
materi dan
mendemonstrasikan pengetahuan secara benar atau menyampaikan informasi/materi tahap demi tahap.
b)
Membagi siswa dalam beberapa kelompok
kecil (3–5 orang per kelompok).
c)
Memberi
tugas diskusi kelompok kemudian siswa
mempresentasikan hasil
diskusi.
d)
Masing–masing kelompok mengerjakan tugas praktik
sesuai lembar kerja.
e)
Membimbing dan mengarahkan terhadap kerja kelompok dalam menyelesaikan tugas.
3) Tahap
Akhir (kegiatan akhir)
Evaluasi, umpan balik dan memberikan penghargaan
yang lebih
diutamakan kepada individu
bukan kelompok.
Berdasarkan
pendapat di atas, dapat penulis simpulkan bahwa untuk menerapkan pembelajaran small group work terdapat beberapa langkah yang harus
diperhatikan dan dilaksanakan oleh guru, sehingga akan mencapai hasil yang
memuaskan dan mencapai tujuan pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar