1. Mengembangkan Kepribadian
A. Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
B. Berperan dalam Masyarakat sebagai Warga Negara yang Berjiwa Pancasila
C. Mengembangkan Sifat-Sifat Terpuji yang Dipersyaratkan Bagi Jabatan Guru
2. Menguasai Landasan Kependidikan
A. Mengenal Tujuan Pendidikan untuk Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional
B. Mengenal Sekolah Dalam Masyarakat
C. Mengenal Prinsip-Prinsip Psikologi Pendidikan yang dapat Dimanfaatkan dalam PBM
3. Menguasai Bahan Pengajaran
A. Menguasai Bahan Pengajaran Kurikulum
B. Menguasai Bahan Pengayaan
4. Menyusun Program Pengajaran
A. Menetapkan Tujuan Pengajaran
B. Memilih dan Mengembangkan Bahan Pengajaran
C. Memilih dan Mengembangkan Strategi Belajar Mengajar
D. Memilih dan Mengembangkan Media Pengajaran yang Sesuai
E. Memilih dan Memanfaatkan Sumber Belajar
5. Melaksanakan Program Pengajaran
A. Menciptakan Iklim Belajar Mengajar yang Sehat
B. Mengatur Ruang Belajar
C. Mengelola Interaksi Belajar Mengajar
6. Menilai Hasil dan Proses Belajar Mengajar yang telah dilaksanakan
A. Menilai Prestasi Murid untuk Kepentingan Pengajaran
B. Menilai Proses Belajar yang telah Dilaksanakan
7. Menyelenggarakan Program Bimbingan
A. Membimbing Siswa yang Mengalami Kesulitan Pelajaran
B. Membimbing Siswa yang Berkelainan dan Berbakat Khusus
C. Membimbing Siswa untuk Menghargai Pekerjaan di Masyarakat
8. Menyelenggarakan Administrasi Sekolah
A. Mengenal Pengadministrasian Kegiatan Sekolah
B. Melaksanakan Kegiatan Administrasi Sekolah
9. Berinteraksi dengan Sejawat dan Masyarakat
A. Berinteraksi dengan Sejawat untuk Meningkatkan Kemampuan Profesional
B. Berinteraksi dengan Masyarakat untuk Penuaian Misi Pendidikan
10. Menyelenggarakan Penelitian Sederhana untuk Keperluan Pengajaran
A. Mengkaji Konsep Dasar Penelitian Ilmiah
B. Melaksanakan Penelitian Sederhana
Dari sepuluh kemampuan dasar guru dapat dikelompokan menjadi tiga bagian pokok untuk menjadi guru yang baik:
A. Guru harus menguasai materi atau ilmu sesuai bidang dan jenjangnya, meliputi:
1. Menguasai Landasan Kependidikan
a. Mengenal tujuan pendidikan untuk pencapaian tujuan pendidikan nasional
b. Mengenal sekolah dalam masyarakat
c. Mengenal prinsip-prinsip psikologi pendidikan yang dapat dimanfaatkan dalam PBM
2. Menguasai Bahan Pengajaran
a. Menguasai bahan pengajaran kurikulum
b. Menguasai bahan pengayaan
B. Guru harus mampu menyampaikan atau mentransfer ilmunya kepada peserta didik yang paling bodoh sehingga menjadi pintar, meliputi:
1. Menyusun Program Pengajaran
a. Menetapkan tujuan pengajaran
a. Memilih dan mengembangkan bahan pengajaran
b. Memilih dan mengembangkan strategi belajar mengajar
c. Memilih dan mengembangkan media pengajaran yang sesuai
d. Memilih dan memanfaatkan sumber belajar
2. Melaksanakan Program Pengajaran
a. Menciptakan iklim belajar mengajar yang sehat
b. Mengatur ruang belajar
c. Mengelola interaksi belajar mengajar
3. Menilai Hasil dan Proses Belajar Mengajar yang telah dilaksanakan
a. Menilai prestasi murid untuk kepentingan pengajaran
b. Menilai proses belajar yang telah dilaksanakan
4. Menyelenggarakan Program Bimbingan
a. Membimbing siswa yang mengalami kesulitan pelajaran
b. Membimbing siswa yang berkelainan dan berbakat khusus
c. Membimbing siswa untuk menghargai pekerjaan di masyarakat
C. Guru harus mempunyai integritas kepribadian yang tinggi, meliputi:
1. Mengembangkan Kepribadian
a. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b. Berperan dalam masyarakat sebagai warga negara yang berjiwa pancasila
c. Mengembangkan sifat-sifat terpuji yang dipersyaratkan bagi jabatan guru
2. Menyelenggarakan Administrasi Sekolah
a. Mengenal pengadministrasian kegiatan sekolah
b. Melaksanakan kegiatan administrasi sekolah
3. Berinteraksi dengan Sejawat dan Masyarakat
a. Berinteraksi dengan sejawat untuk meningkatkan kemampuan profesional
b. Berinteraksi dengan masyarakat untuk penuaian misi pendidikan
4. Menyelenggarakan Penelitian Sederhana untuk Keperluan Pengajaran
a. Mengkaji konsep dasar penelitian ilmiah
b. Melaksanakan penelitian sederhana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar