Latihan Sejarah Peminatan
Assalamualaikum, maaf anak-anak silahkan kerjakan soal berikut di halaman komentar bloger ini.
SOAL :
Pilih jawaban yang benar!
1. Berdasarkan sifatnya maka sumber sejarah diklasifikasikan menjadi sumber primer dan sumber sekunder. Silahkan perhatikan pilihan berikut, dan tentukan yang mana termasuk sumber primer?
a. Peristiwa sumpah pemuda dapat diketahui dari buku sejarah (peminatan) kelas X.
b. Peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat dilihat setiap tahunnya di Istana Negara
c. Peristiwa Tsunami di Lampung tahun 2018 dapat diketahui dari saksi hidup penduduk yang tinggal di pesisir Raja Basa Lampung Selatan
d. Peristiwa Tsunami di Aceh pada tahun 2004 dapat diketahui melalui youtube sebagai peringatan untuk selalu waspada bagi kita semua
e. Peristiwa G 30S/PKI menjadi contoh kekejaman PKI di Indonesia sehingga kita harus tetap waspada terhadap bangkitnya komunisme di Indonesia
2. Sumber data yang diperlukan dalam penelitian tentang kerjaan Majapahit adalah
a. Hikayat Raja-Raja Majapahit
b. Sutanussalatin
c. Negarakertagama
d. Panjikenanga
e. Mahabaratha
3. Perhatikan data berikut.
1) Dokumen naskah teks Proklamasi
2) Foto pembacaan teks Proklamasi oleh Soekarno-Hatta
3) Wawancara dengan B.M. Diah tentang peranannya dalam peristiwa proklamasi
4) Koran Merdeka yang memberitakan tentang peristiwa proklamasi 17 Agusstus 1945
5) Buku sejarah karangan Marwati Djoened Poesponegoro jilid VI.
Dari data di atas, yang termasuk sumber sejarah primer adalah …
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 3), dan 4)
c. 2), 3), dan 4)
d. 2), 4), dan 5
e. 3), 4), dan 5)
4. Perhatikan wacana berikut dengan teliti dan cermat !
Syfa Nur Annisa adalah siswa kelas X yang akan melakukan penelitian tentang sejarah perjuangan Radin Inten di Lampung. Ia sudah menyusun langkah-langkah yang harus dilakukan dalam penelitian. Langkah selanjutnya ia akan mendatangan keluarga Radin Inten di Kuripan Lampung Selatan. Kemudian ia melakukan wawancara guna mendapatkan data sebagai sumber informasi penelitiannya, untuk ia tuliskan didalam hasil penelitiannya.
Berdasarkan wacana tersebut, maka yang dilakukan oleh siswa kelas X tersebut sebagai sumber data disebut, ....
a. Sumber tertulis
b. Sumber benda
c. Sumber lisan
d. Sumber berita
e. Sumber prasasti
5. Didalam penulisan sejarah, terdapat tahapan-tahapan yang harus dilakukan oleh seorang penulis/peneliti sejarah. Tahapan-tahapan tersebut memudahkan penulis untuk menentukan penulisan sejarah. Tahapan yang merupakan menyeleksian data yang didapat dikenal dengan istilah, ....
a. Interprestasi
b. Menentukan tema
c. Heuristik
d. Verifikasi
e. Historiografi
6. Seorang peneliti agar tidak meluas didalam penelitiannya, maka tindakan awal sebelum melangkah lebih lanjut, adalah ....
a. Menentukan tokoh yang akan diwawancarai
b. Menterjemahkan bukti-bukti yang ditemukan
c. Mengumpulkan data sebanyak-banyaknya
d. Menentukan tema penulisan
e. Menuliskan hasil penelitiannya secara sistematis dan kronologis
7. Didalam penelitian sejarah, seorang peneliti wajib mengumpumpulkan data sebagai sumber sejarah didalam penulisannya. Akan tetapi, data tersebut haruslah disesuaikan dengan tema yang sudah ditentukan. Hal ini dimaksud agar data yang didapat tidak meluas tanpa arah yang ahirnya dapat menyesatkan bagi penulis. Tindakan ini berupa koreksian/kritik terhadap sumber/bukti sejarah itu sendiri. Pernyataan yang sesuai didalam penelitian/penulisan sejarah adalah, ....
a. Seorang peneliti sejarah akan memberikan informasinya didalam penulisannya sesuai dengan kejadiannya
b. Seorang peneliti sejarah akan memverifikasi sumber sejarah sesuai dengan tema penelitiannya
c. Seorang peneliti sejarah akan mencantumkan nama-nama tokoh yang menjadi sumber sejarah didalam penulisannya
d. Seoarang penulis sejarah akan menuliskan peristiwa secara kronologis agar mudah untuk difahami oleh pembacanya
e. Seorang peneliti sejarah akan menuliskan hasil penelitiannya yang disebut historiografi
8. Pernyataan yang tepat pada pilihan yang ada berikut dapat di identifikasi sebagai historiografi tradisional, ....
a. Penulisan sejarah kerajaan cenderung menyanjung raja-raja dan kemegahan kerajaan saat itu
b. Penulisan sejarah pada masa penajajahan Belanda cenderung bersifat Eropa sentris
c. Penulisan sejarah Indonesia oleh orang Belanda, para pejuang disebut sebagai pemberontak
d. Penulisan sejarah masa kini lebih kepada perkembangan masa kemerdekaan
e. Penulisan sejarah masa penjajahan selalu menceritakan kekerasan dan penderitaan semata
9. Berikut yang merupakan Historiografi Kolonial adalah ....
a. Karya tulis sejarah yang ditulis oleh sejarawan Indonesia yang kandungan isi tulisannya mengenai banyak mengungkapkan sisi-sisi kehidupan rakyat Indonesia sepanjang masa dengan kepentingan bangsa Indonesia
b. Karya sejarah yang ditulis pada masa pemerintahan kolonial yang berkuasa di nusantara (Indonesia) sejak masa VOC hingga masa pemerintah Hindia Belanda, sampai datangnya Jepang di Indonesia
c. Karya tulis sejarah yang ditulis pada masa Hindu-Budha dan Islam. Karya tulis ini hasil karya para pujangga kerajaan
d. Merupakan tradisi penulisan sejarah Indonesia sejak masa pra aksara, masa Hindu-Budha, masa kedatangan Islam, masa penajajahan, hingga masa perjuangan kemerdekaan Indonesia sampai kini Indonesia merdeka
e. Penulisan sejarah hasil karya para pujangga Indonesia yang terkenal yang berisi tentang nasionalisme bangsa Indonesia seperti kisah perjuangan kemerdekaan Indoensia.
10. Indonesia adalah negara yang memiliki sisa-sisa kehidupan masa pra aksara paling lengkap di dunia. Jenis-jenis manusia purba di indonesia ada dalam data berikut. Perhatikan dengan cermat !
1) Diperkirakan hidup masa pleistosen awal
2) Sudah berdiri tegak
3) Pemakan tumbuh-tumbuhan
4) Berperawakan sangat besar
5) Memiliki tonjolan tebal dialis
Dari data tersebut, maka dapat di indentifikasi bahwa jenis manusia purba Megantropus Palaeojavanicus ada pada nomor, ....
a. 1), 2) dan 3)
b. 2), 3) dan 4)
c. 4), 5) dan 3)
d. 1), 3) dan 4)
e. 3), 4) dan 5)
Sherly x IPS 2
BalasHapus1c2c3e4c5e6d7b8a9b10d
Nama : Sinthia Aulia
BalasHapusKelas : X IPS 2
1.C
2.C
3.D
4.C
5.C
6.A
7.B
8.A
9.B
10.D