Selasa, 23 November 2021

Sejarah Peminatan Kelas X IPS 1, dan 2

 Asalamulaikum, silahkan pelajari materi berikut

Prediksi Soal PAS Sejarah Peminatan

Kelas X IPS

Soal:

1.      Tujuan dari konsep periodisasi dalam ilmu sejarah adalah ....

  1. mempermudah pemahaman se­jarah
  2. memengaruhi berbagai peristiwa sejarah
  3. mengelompokkan peristiwa-peris­dwa sejarah
  4. menunjukkan bukti dari suatu peris­tiwa sejarah
  5. memahamiperkembangan-perkem­bangan sejarah

2.      Sejarah dapat dikatakan sebagai ilmu. Hal itu dikarenakan ....

  1. penting untuk dipelajari
  2. memenuhi syarat keilmuan
  3. memotivasi rasa nasionalisme
  4. penting untuk pertahanan negara
  5. diajarkan mulai dari sekolah dasar

3.      Periodisasi dalam sejarah dapat diarti­kan sebagai ....

A.          A. penyusunan fakta sejarah sesuai dengan keinginan sejarawan

  1. pengelompokan fakta sejarah suai peristiwa

C.          C. pembabakan fakta sejarah berdasar­kan waktu

  1. pendataan fakta sejarah secara ber­samaan
  2. penyusunan peristiwa sejarah

4.      Berikut ini merupakan ciri-ciri sejarah  sebagai ilmu, kecuali

  1. cara kerja ilmiah
  2. mempunyai objek
  3. berdasarkan pengamatan
  4. dapat dipertanggungjawabkan
  5. dapat diulang di laboratorium

5.      Unsur ruang dalam mempelajari sejarah sangat penting karena ....

  1. ruang bersifat bebas
  2. ruang sifatnya netral
  3. manusia hidup dalam ruang
  4. ruang sangat dominan dalam sejarah
  5. ruang menentukan tempat terjadi­nya peristiwa

6.      Peristiwa sejarah adalah peristiwa yang abadi, maksudnya....

  1. setiap peristiwa sejarah berarti peristiwa yang tidak terulang lagi
  2. sejarah hanya terjadi sekali, namun meninggalkan jejak-jejaknya
  3. peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang tidak berubah-ubah
  4. setiap peristiwa pasti memiliki makna bagi kehidupan manusia
  5. belajar sejarah berarti hanya mempelajari peristiwa saja

7.      Fakta sejarah adalah ....

A.    peninggalan perbuatan-perbuatan manusia pada masA lampau

B.     peristiwa yang terjadi yang dapat disaksikan oleh saksi sejarah

C.     hasil pengamatan dari para sejarawan terhadap suatu peristiwa

D.    kesimpulan sementara dari para saksi sejarah

E.     hasil rekonstruksi dari suatu kisah mitos

8.      Perhatikan pemyataan di bawah ini!

1. Memiliki tujuan

2. Memiliki metode

3. Pemikiran yang rasional'

4. Sistematis

5. Kebenaran bersifat objektif

Ciri-ciri di atas menyangkut kepada

A.    sejarah sebagai peristiwa

B.     sejarah sebagai Benda

C.     sejarah sebagai ilmu

D.    sejarah sabagai kisah

E.     sejarah sebagai cerita

9.      Proses analisis untuk memahami peristiwa-peristiwa yang berpengaruh terhadap perubahan yang terjadi pada suatu waktu tertentu disebut - analisis

A.    anakronis

B.     sinkronik

C.     diakronik

D.    induktif

E.     deduktif

10.  Sejarah mempunyai sifat empiris. Empiris berasal dari kata Yunani empeiria yang berarti....

A.    kejadian

B.     masa  lalu

C.     pengalaman

D.    bekas-bekas dan peristiwa

E.     jejak-jejak dan peristiwa

11.  Peristiwa sejarah saling terkait satu sama lain atau bersifat ....

A.    anakronis

B.     sinkronis

C.     kausalitas

D.    kontinuitas

E.     diskontinuitas

12.  Tingkat kebenaran sebuah karya sejarah terletak pada

  1. kesaksian sejarah
  2. keserasian antartopik
  3. kedekatan dengan topik
  4. kedekatan dengan fakta
  5. tangan penulis/sejarawan

13.  Sejarah akan dapat dipahami oleh generasi penerus dari masyarakat yang terdahulu sebagai suatu cermin untuk menunju kemajuan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Hal ini merupakan konteks sejarah memiliki fungsi ....

A.  Inspiratif

B.   Instruktif

C.   Edukatif

D.  Rekreatif

E.   Yudikatif

14.  Membaca buku sejarah, melihat berbagai peninggalan sejarah yang unik dan menarik dapat menggugah rasa estetika, kekaguman, dan keanehan terhadap kemampuan manusia masa lampau beserta peradabannya. Sehubungan dengan itu sejarah memiliki nilai ....

A.    Inspiratif

B.     Instruktif

C.     Edukatif

D.    Rekreatif

E.     Yudikatif

15.  Andini membuat sebuah karya tulis mengenai Peristiwa Perang Padri di mana tokoh adat dan golongan Padri menjadi tokoh pembahasan dalam terjadinya peristiwa tersebut. Dalam sejarah, Tokoh Adat dan Golongan Paderi memiliki peran sebagai ....

A.    Pelaku sejarah

B.     Peneliti sejarah

C.     Objek sejarah

D.    Subjek sejarah

E.     Penulis sejarah

16.  Hakikatnya manusia adalah pelaku sejarah baik sebagai objek maupun subjek sejarah. Manusia tanpa sejarah akan dipertanyakan keberadaan dan aktifitasnya. Begitu juga dengan sejarah, tanpa manusia maka tidak akan ada sejarah. Hal ini menunjukan bahwa ....

A.    Manusia dan sejarah memiliki hubungan yang sangat erat

B.     Manusia dengan sejarah memiliki hubungan kausalitas

C.     Manusia dengan sejarah selalu dikait-kaitkan

D.    Manusia dengan sejarah berada dalam konsep ruang dan waktu

E.     Manusia dengan sejarah memiliki sifat yang identik

17.  Ilmu sejarah mempelajari rangkaian peristiwa dalam 3 dimensi waktu, yaitu di masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Kehidupan manusia pada saat ini merupakan mata rantai dari kehidupan sebelumnya karena dalam setiap peristiwa yang terjadi tidak dapat dipisahkan dengan peristiwa lainnya. Hal ini merupakan konsep dari ...

  1. Perubahan
  2. Keberlanjutan
  3. Periodesasi
  4. Kronologi
  5. Diskontinuitas

18.  Perhatikan data berikut !

No

Faktor Pendorong Perubahan

Faktor Penghambat Perubahan

1

Sistem pendidikan formal yang maju

Perkembangan ilmu pengetahuan yang terhambat

2

Pendidikan yang lebih serius dan mendalam

Anggapa masyarakat tradisional yang beranggapan perubahan itu tidak berdampak baik

3

Sistem masyarakat yang terbuka

Kurangnya hubungan antar masyarakat

4

Orientasi pada masa depan

Sistem pendidikan formal yang maju

5

Penduduk yang heterogen

Cara pandang masyarakat yang tidak terbuka

Dari data tersebut, pasangan yang benar ditunjukan oleh nomor ....

A.    1, 2, 3

B.     1, 2, 4

C.     1, 2, 5

D.    1, 3, 4

E.     1, 3, 5

19.  Perhatikan pernyataan berikut !

1)    Faktor alam disekitar masyarakat yang berubah

2)    Peperangan yang terjadi antar negara

3)    Pengaruh kebudayaan masyarakat lain

4)    Perubahan penduduk

5)    Penemuan-penemuan baru

Dari data di atas, faktor eksternal perkembangan ditunjukan oleh nomor ....

A.    1, 2, 3

B.     2, 3, 4

C.     3, 4, 5

D.    1, 3, 5

E.     2, 3, 4

20.  Sartono Kartodirdjo menyatakan bahwa mereka yang lupa akan masa lampaunya itu telah kehilangan identitasnya dan oleh karena itu dapat membahayakan masyarakat disekitarnya. Hal ini disebabkan karena kelakuannya yang mungkin tidak menentu dan terlepas dari norma-norma atau nilai-nilai hidup yang berlaku dimasyarakat. Hal ini menunjukan bahwa ....

A.  Masa lalu dan masa kini tak dapat disamakan

B.   Masa lalu menjadi hal yang penting bagi kehidupan masa kini

C.   Masa lalu menjadi hal yang harus dilupakan pada masa kini

D.  Masa lalu dan masa kini tak berkaitan satu sama lain

E.   Masa lalu dan masa kini tidak mungkin sama

21.  Tidak semua peristiwa di masa lalu bisa dikatakan sebagai sejarah karena sejarah bukan sekedar peristiwa yang pernah terjadi, namun juga suatu peristiwa masa lalu itu haruslah yang memiliki makna dan pengaruh bagi kehidupan banyak orang. Hal ini dikarenakan sejarah memiliki sifat ...

A.      Unik

B.       Penting

C.       Objektif

D.      Abadi

E.       Kausalitas

22.  Perhatikan informasi berikut :

1)          Penafsiran ilmu sejarah bersifat objektif dalam arti dapat dibuktikan kebenarannya

2)          Sejarah memiliki unsur estetika sehingga menarik dan mudah dipahami

3)          Sejarah menceritakan peristiwa yang benar-benar terjadi

4)          Penulisan sejarah memiliki keindahan dalam kaidah bahasanya

Berdasarkan informasi diatas tadi, ciri-ciri sejarah sebagai ilmu adalah ….

  1. 1) dan 2)
  2. 1) dan 3)
  3. 3) dan 4)
  4. 4) dan 2)
  5. 2) dan 3)

23.  Sejarah dapat diceritakan kembali baik secara lisan maupun tulisan oleh siapa saja dan kapan saja secara berkelanjutan. Secara tulisan, cerita sejarah dapat dilihat dalam sebuah buku, majalah maupun surat kabar. Sedangkan secara lisan, cerita sejarah dapat didapatkan melalui ceramah, percakapan dan pelajaran di sekolah. Dalam hal ini sejarah dapat dikategorikan sebagai ....

A.      Peristiwa

B.       Kisah

C.       Seni

D.      Ilmu

E.       Pengetahuan

24.  Subjektifitas penulisan sejarah adalah penulisan peristiwa sejarah yang sesuai dengan keinginan/versi dari penulis. Adapun faktor yang mempengaruhi subjektifitas penulis, antara lain:

1)        Kemampuan berbahasa

2)        Adanya kepentingan

3)        Pembendaharaan pengetahuan yang lengkap

4)        Lingkungan dan kelompok sosial

5)        Mencari populatitas

Pernyataan yang tepat ditunjukan oleh nomor ....

A.      1, 2, 3

B.       1, 2, 4

C.       1, 2, 5

D.      2, 3, 4

E.       2, 3, 5

25.  Cara berfikir sejarah singkronis adalah cara berfikir sejarah yang memfokuskan dan meluas pada ruang namun terbatas dalam waktu. Cara berfikir ini mengungkapkan sisi cerita yang lebih mendalam pada suatu kajian sejarah dan cenderung lebih sulit karena bersifat analitis suatu keadaan. dari penjelasan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa ....

A.     Cara berfikir singkronik menjelaskan peristiwa sejarah pada suatu masa dengan unsur kausalitas di dalamnya

B.        Cara berfikir singkronik mengarahkan cerita sejarah pada kronologis kejadian dari peristiwa tersebut

C.        Cara berfikir singkronik digunakan untuk meganalisis suatu peristiwa sejarah dengan kajian yang lebih sempit pada waktu tertentu

D.      Cara berfikir singkronik digunakan dalam penulisan sejarah yang menitik beratkan pada urutan waktu (periodesasi)

E.      Cara berfikir singkronik berfungsi untuk menceritakan sejarah dari suatu proses peristiwa sehingga menceritakan keseluruhan dari peristiwa tersebut

26.  Sebelum melakukan penelitian, seorang sejarawan harus menetapkan ....

A.    tujuan penelitian

B.     topik penelitian

C.     biaya yang dikeluarkan

D.    waktu yang dibutuhkan

E.     manfaat penelitian

27.  Penafsiran terhadap sumber-sumber peristiwa sejarah disebut….

A.    heuristik

B.     kritik

C.     verifikasi

D.    interpretasi

E.     historiografi

28.  Salah satu tahap dalam penelitian sejarah yang bermaksud menguji keab­sahan sumber sejarah disebut ....

A.    verifikasi

B.     periodisasi

C.     interpretasi

D.    heuristik

E.     historiografi

29.  Kritik intern sejarah dilakukan untuk mengoreksi hal yang berkaitan dengan….

A.    ketercakupan masalah yang ditentu­kan

B.     kecukupan sumber yang ditemu­kan

C.     relevansi sumber dengan masalah

D.    keabshan sumber yang ditemukan

E.     kelengkapan sumber yang ada

30.  Dalam menafsirkan atau menginter­pretasikan sumber  sejarah, peneliti sejarah sebaiknya memiliki pandangan….

A.    indonesiasentris

B.     regionalsentris

C.     politiksentris

D.    eropasentris

E.     jawasentris

31.  Dari berbagai sumber yang ditemukan akan diperoleh ....

A.    hipotesis

B.     generalisasi

C.     masalah

D.    fakta

E.     data

32.  Di bawah ini yang tidak termasuk contoh sumber primer, yaitu….

A.    hasil wawancara dengan narasumber

B.     autobiografi

C.     dokumen

D.    biografi

E.     arsip

33.  Untuk memperoleh sumber yang dapat dipercaya, peneliti sejarah harus mencari sesuatu yang belum memiliki subjektivitas dari pengolah sumber yang disebut sumber ....

A.    sekunder

B.     primer

C.     tersier

D.    angket

E.     pokok

34.  Langkah awal dalam penelitian sejarah berupa tindakan mencari dan mengumpulkan sumber sejarah disebut dengan tahap ....

A.    heuristik

B.     interpretasi

C.     stenografi

D.    verifikasi

E.     historiografi

35.  Metode yang dipakai dalam penelitian sejarah biasanya menggunakan metode….

A.    kuantitatif

B.     kualitatif

C.     statistik

D.    historis

E.     deduktif

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar