Asalamulaikum, silahkan pelajari materi berikut
Prediksi Soal PAS Sejarah Peminatan
Kelas X IPS
Soal:
1. Tujuan dari konsep periodisasi dalam ilmu sejarah adalah ....
- mempermudah pemahaman sejarah
- memengaruhi berbagai peristiwa sejarah
- mengelompokkan peristiwa-perisdwa sejarah
- menunjukkan bukti dari suatu peristiwa sejarah
- memahamiperkembangan-perkembangan sejarah
2. Sejarah dapat dikatakan sebagai ilmu. Hal itu dikarenakan ....
- penting untuk dipelajari
- memenuhi syarat keilmuan
- memotivasi rasa nasionalisme
- penting untuk pertahanan negara
- diajarkan mulai dari sekolah dasar
3. Periodisasi dalam sejarah dapat diartikan sebagai ....
A. A. penyusunan fakta sejarah sesuai dengan keinginan sejarawan
- pengelompokan fakta sejarah suai peristiwa
C. C. pembabakan fakta sejarah berdasarkan waktu
- pendataan fakta sejarah secara bersamaan
- penyusunan peristiwa sejarah
4. Berikut ini merupakan ciri-ciri sejarah sebagai ilmu, kecuali
- cara kerja ilmiah
- mempunyai objek
- berdasarkan pengamatan
- dapat dipertanggungjawabkan
- dapat diulang di laboratorium
5. Unsur ruang dalam mempelajari sejarah sangat penting karena ....
- ruang bersifat bebas
- ruang sifatnya netral
- manusia hidup dalam ruang
- ruang sangat dominan dalam sejarah
- ruang menentukan tempat terjadinya peristiwa
6. Peristiwa sejarah adalah peristiwa yang abadi, maksudnya....
- setiap peristiwa sejarah berarti peristiwa yang tidak terulang lagi
- sejarah hanya terjadi sekali, namun meninggalkan jejak-jejaknya
- peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang tidak berubah-ubah
- setiap peristiwa pasti memiliki makna bagi kehidupan manusia
- belajar sejarah berarti hanya mempelajari peristiwa saja
7. Fakta sejarah adalah ....
A. peninggalan perbuatan-perbuatan manusia pada masA lampau
B. peristiwa yang terjadi yang dapat disaksikan oleh saksi sejarah
C. hasil pengamatan dari para sejarawan terhadap suatu peristiwa
D. kesimpulan sementara dari para saksi sejarah
E. hasil rekonstruksi dari suatu kisah mitos
8. Perhatikan pemyataan di bawah ini!
1. Memiliki tujuan
2. Memiliki metode
3. Pemikiran yang rasional'
4. Sistematis
5. Kebenaran bersifat objektif
Ciri-ciri di atas menyangkut kepada
A. sejarah sebagai peristiwa
B. sejarah sebagai Benda
C. sejarah sebagai ilmu
D. sejarah sabagai kisah
E. sejarah sebagai cerita
9. Proses analisis untuk memahami peristiwa-peristiwa yang berpengaruh terhadap perubahan yang terjadi pada suatu waktu tertentu disebut - analisis
A. anakronis
B. sinkronik
C. diakronik
D. induktif
E. deduktif
10. Sejarah mempunyai sifat empiris. Empiris berasal dari kata Yunani empeiria yang berarti....
A. kejadian
B. masa lalu
C. pengalaman
D. bekas-bekas dan peristiwa
E. jejak-jejak dan peristiwa
11. Peristiwa sejarah saling terkait satu sama lain atau bersifat ....
A. anakronis
B. sinkronis
C. kausalitas
D. kontinuitas
E. diskontinuitas
12. Tingkat kebenaran sebuah karya sejarah terletak pada
- kesaksian sejarah
- keserasian antartopik
- kedekatan dengan topik
- kedekatan dengan fakta
- tangan penulis/sejarawan
13. Sejarah akan dapat dipahami oleh generasi penerus dari masyarakat yang terdahulu sebagai suatu cermin untuk menunju kemajuan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Hal ini merupakan konteks sejarah memiliki fungsi ....
A. Inspiratif
B. Instruktif
C. Edukatif
D. Rekreatif
E. Yudikatif
14. Membaca buku sejarah, melihat berbagai peninggalan sejarah yang unik dan menarik dapat menggugah rasa estetika, kekaguman, dan keanehan terhadap kemampuan manusia masa lampau beserta peradabannya. Sehubungan dengan itu sejarah memiliki nilai ....
A. Inspiratif
B. Instruktif
C. Edukatif
D. Rekreatif
E. Yudikatif
15. Andini membuat sebuah karya tulis mengenai Peristiwa Perang Padri di mana tokoh adat dan golongan Padri menjadi tokoh pembahasan dalam terjadinya peristiwa tersebut. Dalam sejarah, Tokoh Adat dan Golongan Paderi memiliki peran sebagai ....
A. Pelaku sejarah
B. Peneliti sejarah
C. Objek sejarah
D. Subjek sejarah
E. Penulis sejarah
16. Hakikatnya manusia adalah pelaku sejarah baik sebagai objek maupun subjek sejarah. Manusia tanpa sejarah akan dipertanyakan keberadaan dan aktifitasnya. Begitu juga dengan sejarah, tanpa manusia maka tidak akan ada sejarah. Hal ini menunjukan bahwa ....
A. Manusia dan sejarah memiliki hubungan yang sangat erat
B. Manusia dengan sejarah memiliki hubungan kausalitas
C. Manusia dengan sejarah selalu dikait-kaitkan
D. Manusia dengan sejarah berada dalam konsep ruang dan waktu
E. Manusia dengan sejarah memiliki sifat yang identik
17. Ilmu sejarah mempelajari rangkaian peristiwa dalam 3 dimensi waktu, yaitu di masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. Kehidupan manusia pada saat ini merupakan mata rantai dari kehidupan sebelumnya karena dalam setiap peristiwa yang terjadi tidak dapat dipisahkan dengan peristiwa lainnya. Hal ini merupakan konsep dari ...
- Perubahan
- Keberlanjutan
- Periodesasi
- Kronologi
- Diskontinuitas
18. Perhatikan data berikut !
No |
Faktor Pendorong Perubahan |
Faktor Penghambat Perubahan |
1 |
Sistem pendidikan formal yang maju |
Perkembangan ilmu pengetahuan yang terhambat |
2 |
Pendidikan yang lebih serius dan mendalam |
Anggapa masyarakat tradisional yang beranggapan perubahan itu tidak berdampak baik |
3 |
Sistem masyarakat yang terbuka |
Kurangnya hubungan antar masyarakat |
4 |
Orientasi pada masa depan |
Sistem pendidikan formal yang maju |
5 |
Penduduk yang heterogen |
Cara pandang masyarakat yang tidak terbuka |
Dari data tersebut, pasangan yang benar ditunjukan oleh nomor ....
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 2, 5
D. 1, 3, 4
E. 1, 3, 5
19. Perhatikan pernyataan berikut !
1) Faktor alam disekitar masyarakat yang berubah
2) Peperangan yang terjadi antar negara
3) Pengaruh kebudayaan masyarakat lain
4) Perubahan penduduk
5) Penemuan-penemuan baru
Dari data di atas, faktor eksternal perkembangan ditunjukan oleh nomor ....
A. 1, 2, 3
B. 2, 3, 4
C. 3, 4, 5
D. 1, 3, 5
E. 2, 3, 4
20. Sartono Kartodirdjo menyatakan bahwa mereka yang lupa akan masa lampaunya itu telah kehilangan identitasnya dan oleh karena itu dapat membahayakan masyarakat disekitarnya. Hal ini disebabkan karena kelakuannya yang mungkin tidak menentu dan terlepas dari norma-norma atau nilai-nilai hidup yang berlaku dimasyarakat. Hal ini menunjukan bahwa ....
A. Masa lalu dan masa kini tak dapat disamakan
B. Masa lalu menjadi hal yang penting bagi kehidupan masa kini
C. Masa lalu menjadi hal yang harus dilupakan pada masa kini
D. Masa lalu dan masa kini tak berkaitan satu sama lain
E. Masa lalu dan masa kini tidak mungkin sama
21. Tidak semua peristiwa di masa lalu bisa dikatakan sebagai sejarah karena sejarah bukan sekedar peristiwa yang pernah terjadi, namun juga suatu peristiwa masa lalu itu haruslah yang memiliki makna dan pengaruh bagi kehidupan banyak orang. Hal ini dikarenakan sejarah memiliki sifat ...
A. Unik
B. Penting
C. Objektif
D. Abadi
E. Kausalitas
22. Perhatikan informasi berikut :
1) Penafsiran ilmu sejarah bersifat objektif dalam arti dapat dibuktikan kebenarannya
2) Sejarah memiliki unsur estetika sehingga menarik dan mudah dipahami
3) Sejarah menceritakan peristiwa yang benar-benar terjadi
4) Penulisan sejarah memiliki keindahan dalam kaidah bahasanya
Berdasarkan informasi diatas tadi, ciri-ciri sejarah sebagai ilmu adalah ….
- 1) dan 2)
- 1) dan 3)
- 3) dan 4)
- 4) dan 2)
- 2) dan 3)
23. Sejarah dapat diceritakan kembali baik secara lisan maupun tulisan oleh siapa saja dan kapan saja secara berkelanjutan. Secara tulisan, cerita sejarah dapat dilihat dalam sebuah buku, majalah maupun surat kabar. Sedangkan secara lisan, cerita sejarah dapat didapatkan melalui ceramah, percakapan dan pelajaran di sekolah. Dalam hal ini sejarah dapat dikategorikan sebagai ....
A. Peristiwa
B. Kisah
C. Seni
D. Ilmu
E. Pengetahuan
24. Subjektifitas penulisan sejarah adalah penulisan peristiwa sejarah yang sesuai dengan keinginan/versi dari penulis. Adapun faktor yang mempengaruhi subjektifitas penulis, antara lain:
1) Kemampuan berbahasa
2) Adanya kepentingan
3) Pembendaharaan pengetahuan yang lengkap
4) Lingkungan dan kelompok sosial
5) Mencari populatitas
Pernyataan yang tepat ditunjukan oleh nomor ....
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 2, 5
D. 2, 3, 4
E. 2, 3, 5
25. Cara berfikir sejarah singkronis adalah cara berfikir sejarah yang memfokuskan dan meluas pada ruang namun terbatas dalam waktu. Cara berfikir ini mengungkapkan sisi cerita yang lebih mendalam pada suatu kajian sejarah dan cenderung lebih sulit karena bersifat analitis suatu keadaan. dari penjelasan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa ....
A. Cara berfikir singkronik menjelaskan peristiwa sejarah pada suatu masa dengan unsur kausalitas di dalamnya
B. Cara berfikir singkronik mengarahkan cerita sejarah pada kronologis kejadian dari peristiwa tersebut
C. Cara berfikir singkronik digunakan untuk meganalisis suatu peristiwa sejarah dengan kajian yang lebih sempit pada waktu tertentu
D. Cara berfikir singkronik digunakan dalam penulisan sejarah yang menitik beratkan pada urutan waktu (periodesasi)
E. Cara berfikir singkronik berfungsi untuk menceritakan sejarah dari suatu proses peristiwa sehingga menceritakan keseluruhan dari peristiwa tersebut
26. Sebelum melakukan penelitian, seorang sejarawan harus menetapkan ....
A. tujuan penelitian
B. topik penelitian
C. biaya yang dikeluarkan
D. waktu yang dibutuhkan
E. manfaat penelitian
27. Penafsiran terhadap sumber-sumber peristiwa sejarah disebut….
A. heuristik
B. kritik
C. verifikasi
D. interpretasi
E. historiografi
28. Salah satu tahap dalam penelitian sejarah yang bermaksud menguji keabsahan sumber sejarah disebut ....
A. verifikasi
B. periodisasi
C. interpretasi
D. heuristik
E. historiografi
29. Kritik intern sejarah dilakukan untuk mengoreksi hal yang berkaitan dengan….
A. ketercakupan masalah yang ditentukan
B. kecukupan sumber yang ditemukan
C. relevansi sumber dengan masalah
D. keabshan sumber yang ditemukan
E. kelengkapan sumber yang ada
30. Dalam menafsirkan atau menginterpretasikan sumber sejarah, peneliti sejarah sebaiknya memiliki pandangan….
A. indonesiasentris
B. regionalsentris
C. politiksentris
D. eropasentris
E. jawasentris
31. Dari berbagai sumber yang ditemukan akan diperoleh ....
A. hipotesis
B. generalisasi
C. masalah
D. fakta
E. data
32. Di bawah ini yang tidak termasuk contoh sumber primer, yaitu….
A. hasil wawancara dengan narasumber
B. autobiografi
C. dokumen
D. biografi
E. arsip
33. Untuk memperoleh sumber yang dapat dipercaya, peneliti sejarah harus mencari sesuatu yang belum memiliki subjektivitas dari pengolah sumber yang disebut sumber ....
A. sekunder
B. primer
C. tersier
D. angket
E. pokok
34. Langkah awal dalam penelitian sejarah berupa tindakan mencari dan mengumpulkan sumber sejarah disebut dengan tahap ....
A. heuristik
B. interpretasi
C. stenografi
D. verifikasi
E. historiografi
35. Metode yang dipakai dalam penelitian sejarah biasanya menggunakan metode….
A. kuantitatif
B. kualitatif
C. statistik
D. historis
E. deduktif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar