Senin, 23 Agustus 2021

Sejarah Peminatan Kelas XI IPS 3

 

A.  Identitas Pelajaran

Mata Pelajaran          : Sejarah Peminatan

Kelas                         : XI IPS

Judul Materi              : Kerajaan – kerajaan Maritim di Indonesia Masa Hindu Budha

B.  Kompetensi Dasar

3. 1     Menganalisis  kerajaan-kerajaan maritim  Indonesia  pada  masa  Hindu  dan Budha dalam sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan serta pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kini

4.1       Menyajikan hasil analisis tentang kerajaan-kerajaan maritim Indonesia pada masa Hindu dan Buddha dalam sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan serta pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kini dalam bentuk tulisan dan/atau media lain

C.   Materi 

Jawablah pertayaan dibawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang tepat!

1.  Sistem  kemasyarakatan  yang  dikembangkan  oleh  bangsa  Arya  adalah  sistem kasta. Sistem kasta mengatur hubungan sosial bangsa Arya dengan Dravida, pembentukan sistem stratifkasi ini bertujuan ....

A.    membedakan status sosial masyarakat pemeluk Hindu

B.     menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya

C.     membedakan status ekonomi masyarakat pemeluk agama Hindu

D.    membedakan kekuatan politik untuk menguasai bangsa Dravida

E.     supaya terdapat kelas sosial dalam masyarakat Hindu

2. Dalam konsep agama Hindu terdapat pengelompokan masyarakat berdasarkan kasta atau stasus sosialnya. Ada empat kasta yaitu Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra. Namun di Indonesia keberadaan kasta kurang begitu kuat, hal ini terlihat dalam penggambaran dalam cerita wayang yakni dengan munculnya tokoh punakawan. Punakawan adalah gambaran rakyat namun dekat dengan pemimpinnya. Konsep kasta kurang begitu mengakar di Indonesia karena ....

A.   latar historis masyarakat Indonesia yang kesukuan dengan sistem paguyuban

B.   konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat

C.   masyarakat Indonesia kurang terbiasa dengan adanya kasta

D.   munculnya agama Buddha yang tidak mengenal kasta

E.   sistem kerajaan yang telalu menonjolkan keturunan

3.  Proses   masuknya   agama   dan   budaya   Hindu-Buddha   atau   sering   disebut Indianisasi di Kepulauan Indonesia terdapat berbagai pendapat  atau teori, satu diantaranya adalah teori arus balik. Teori ini lebih menekankan pada peran aktif dari ....

A.   para pedagang India yang berdagang di wilayah Nusantara

B.   kasta Brahmana yang paling memahami kitab Weda

C.   prajurit India yang melarikan diri akibat adanya konflik

D.   para raja India yang mendirikan kerajaan Hindu di Jawa

E.   bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India 

4.   Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini!

(1) letak    Nusantara    strategis,    yaitu    berada    di    jalur    pelayaran    yang menghubungkan India dan Cina

(2) pola angin musim yang berubah setiap enam bulan sekali, memudahkan kapal- kapa dagang asing singgah di Indonesia dalam waktu yang cukup lama

(3) kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia mendukung penyebaran Hindu-Buddha

(4) agama dan kebudayaan Hindu-Buddha tidak mengenal sistem kasta

(5) kaum Brahmana aktif menybarkan ajarannya ke seluruh dunia

Faktor geografis yang memudahkan masuknya agama dan kebudayaan Hindu- Buddha ke Indonesia ditunjukkan nomor ....

A.   (1) dan (2)

B.   (1) dan (3)

C.   (2) dan (3)

D.   (3) dan (4)

E.   (4) dan (5)

5.  Proses interaksi di bidang perdagangan antara India dan Nusantara, kemudian berkembang ke arah komunikasi budaya. Dalam hal ini budaya India berpengaruh atau menyuburkan budaya Nusantara. Berdasarkan bukti-bukti arkeologi tertua masuknya pengaruh budaya India di Nusantara diperkirakan pada abad ke-2 atau ke-3 Masehi. Hal ini didasarkan pada ....

A.   penemuan prasasti dalam bentuk Yupa di Kutai Kalimantan Timur

B.   penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan 

C.    penemuan arca perunggu di bukit Siguntang di Sumatra Selatan 

D.   peninggalan berupa Candi Borobudur dan Candi Prambanan

E.   penemuan prasasti dari Kerajaan Tarumanegara

Catatan:

Jawaban ditulis dihalaman bloger ini.

28 komentar:

  1. Mutia Az Zahra
    XI IPS 3

    1. B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
    2. A. latar historis masyarakat Indonesia yang kesukuan dengan sistem paguyuban
    3. E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India 
    4. A. (1) dan (2)
    5. B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan 

    BalasHapus
  2. Farhatul ummi
    XI IPS 3

    1. b
    2. a
    3. e
    4. a
    5. b

    BalasHapus
  3. Ammara Dara Aisyah
    XI IPS 3

    1.B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
    2.B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
    3.E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
    4.A. (1) dan (2)
    5.B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Eka citra yulianti

    1.B
    2.A
    3.E
    4.A
    5.B

    BalasHapus
  6. Kartika Aprilia
    XI IPS 3


    1.B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
    2.B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
    3.E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
    4.A. (1) dan (2)
    5.B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  7. Az-Zahra Risqi Andania
    XI IPS 3

    1).
    B.menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
    2).
    A.latar historis masyarakat Indonesia yang kesukuan dengan sistem paguyuban
    3).
    E.bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
    4).
    A.(1) dan (2)
    5).
    B.penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  8. M. Ibram Rasyadanny
    XI IPS 3

    1. B. Menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
    2. A. Latar historis masyarakat Indonesia yang kesukuan dengan sistem paguyuban
    3. E. Bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
    4. A. (1) dan (2)
    5. B. Penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  9. Muhammad Rizky Dodik Kuncoro
    XI IPS 3

    1.B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya

    2.B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat

    3.E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India

    4.A. (1) dan (2)

    5.B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  10. Aisyah Maharani
    XI IPS 3

    1. B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
    2. B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
    3. E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
    4. A. (1) dan (2)
    5. B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  11. Rizkia Nindi Defrilia
    XI IPS 3
    1)B.menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
    2)A.latar historis masyarakat Indonesia yang kesukuan dengan sistem paguyuban
    3)E.bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
    4)A.(1)dan(2)
    5)B.penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  12. Iqbal agung anugrah
    XI IPS 3
    1.B
    2.A
    3.E
    4.A
    5.B

    BalasHapus
  13. Agung Restu Wibowo
    XI IPS 3

    1).B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
    2). A. latar historis masyarakat Indonesia yang kesukuan dengan sistem paguyuban
    3). E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
    4). A. (1) dan (2)
    5). B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  14. Selvi Varadila
    XI IPS 3

    1.B.Menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
    2.A.Latar historis masyarakat Indonesia yang kesukuan dengan sistem paguyuban
    3.E.Bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
    4.A.(1) dan (2)
    5.B.Penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  15. Bagus Anggoro Putra Xl IPS 3

    1. B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
    2. B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
    3. E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
    4. A. (1) dan (2)
    5. B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  16. Nazaruddin Amin
    XI IPS 3

    1. B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
    2. B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
    3. E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
    4. A. (1) dan (2)
    5. B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  17. M Dzaki Hirzi
    XI IPS 3
    1. B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
    2. B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
    3. E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
    4. A. (1) dan (2)
    5. B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  18. Rieke Naurah Kayana
    XI IPS 3
    1.B.Memjaga kemurnian keturunan suku bangsa arya
    2.B.konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
    3.A.para pedagang india yang berdagang di wilayah nusantara
    4.A.1dan2
    5.B.penemuan arca perunggu di daerah sempaga sulawesi selatan

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. DAMARA KHADAFI
    XI IPS 3


    1. B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
    2. B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
    3. E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
    4. A. (1) dan (2)
    5. B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  21. Noviya Putri
    XI IPS 3

    1) B.Menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
    2) A.Latar historis masyarakat Indonesia yang kesukuan dengan sistem paguyuban
    3) E.Bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
    4) A.(1) dan (2)
    5) B.Penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  22. Fadhlan Satria Ahmad
    XI IPS 3

    1. B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
    2. B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
    3. E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
    4. A. (1) dan (2)
    5. B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  23. Rival Syaputra
    XI IPS 3

    1.B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya.
    2.B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
    3.E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India.
    4.A. (1) dan (2)
    5.B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan.

    BalasHapus
  24. Intan Marlida
    XI IPS 3

    1.B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
    2.B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
    3.E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
    4.A. (1) dan (2)
    5.B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  25. Afrizal anwar
    XI IPS 3

    1. B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
    2. A. latar historis masyarakat Indonesia yang kesukuan dengan sistem paguyuban
    3. E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
    4. A. (1) dan (2)
    5. B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  26. Fikri Rival Hakim
    XI IPS 3

    1.B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
    2.B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
    3.E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
    4.A. (1) dan (2)
    5.B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  27. Jihan Nayla Mazidah
    XI IPS 3

    1.B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
    2.B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
    3.E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
    4.A. (1) dan (2)
    5.B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan.

    BalasHapus
  28. Dayyan Nasywa Salsabila
    XI IPS 3

    1)) B. Menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
    2)) A. Latar historis masyarakat Indonesia yang kesukuan dengan sistem paguyuban
    3)) E. Bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
    4)) A. (1) dan (2)
    5)) B. Penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan

    BalasHapus