A. Identitas Pelajaran
Mata Pelajaran : Sejarah Peminatan
Kelas : XI IPS
Judul Materi : Kerajaan – kerajaan Maritim di Indonesia Masa Hindu Budha
B. Kompetensi Dasar
3. 1 Menganalisis kerajaan-kerajaan maritim Indonesia pada masa Hindu dan Budha dalam sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan serta pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kini
4.1 Menyajikan hasil analisis tentang kerajaan-kerajaan maritim Indonesia pada masa Hindu dan Buddha dalam sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan serta pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat Indonesia pada masa kini dalam bentuk tulisan dan/atau media lain
C. Materi
Jawablah pertayaan dibawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang tepat!
1. Sistem kemasyarakatan yang dikembangkan oleh bangsa Arya adalah sistem kasta. Sistem kasta mengatur hubungan sosial bangsa Arya dengan Dravida, pembentukan sistem stratifkasi ini bertujuan ....
A. membedakan status sosial masyarakat pemeluk Hindu
B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
C. membedakan status ekonomi masyarakat pemeluk agama Hindu
D. membedakan kekuatan politik untuk menguasai bangsa Dravida
E. supaya terdapat kelas sosial dalam masyarakat Hindu
2. Dalam konsep agama Hindu terdapat pengelompokan masyarakat berdasarkan kasta atau stasus sosialnya. Ada empat kasta yaitu Brahmana, Ksatria, Waisya, dan Sudra. Namun di Indonesia keberadaan kasta kurang begitu kuat, hal ini terlihat dalam penggambaran dalam cerita wayang yakni dengan munculnya tokoh punakawan. Punakawan adalah gambaran rakyat namun dekat dengan pemimpinnya. Konsep kasta kurang begitu mengakar di Indonesia karena ....
A. latar historis masyarakat Indonesia yang kesukuan dengan sistem paguyuban
B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
C. masyarakat Indonesia kurang terbiasa dengan adanya kasta
D. munculnya agama Buddha yang tidak mengenal kasta
E. sistem kerajaan yang telalu menonjolkan keturunan
3. Proses masuknya agama dan budaya Hindu-Buddha atau sering disebut Indianisasi di Kepulauan Indonesia terdapat berbagai pendapat atau teori, satu diantaranya adalah teori arus balik. Teori ini lebih menekankan pada peran aktif dari ....
A. para pedagang India yang berdagang di wilayah Nusantara
B. kasta Brahmana yang paling memahami kitab Weda
C. prajurit India yang melarikan diri akibat adanya konflik
D. para raja India yang mendirikan kerajaan Hindu di Jawa
E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
4. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini!
(1) letak Nusantara strategis, yaitu berada di jalur pelayaran yang menghubungkan India dan Cina
(2) pola angin musim yang berubah setiap enam bulan sekali, memudahkan kapal- kapa dagang asing singgah di Indonesia dalam waktu yang cukup lama
(3) kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia mendukung penyebaran Hindu-Buddha
(4) agama dan kebudayaan Hindu-Buddha tidak mengenal sistem kasta
(5) kaum Brahmana aktif menybarkan ajarannya ke seluruh dunia
Faktor geografis yang memudahkan masuknya agama dan kebudayaan Hindu- Buddha ke Indonesia ditunjukkan nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)
5. Proses interaksi di bidang perdagangan antara India dan Nusantara, kemudian berkembang ke arah komunikasi budaya. Dalam hal ini budaya India berpengaruh atau menyuburkan budaya Nusantara. Berdasarkan bukti-bukti arkeologi tertua masuknya pengaruh budaya India di Nusantara diperkirakan pada abad ke-2 atau ke-3 Masehi. Hal ini didasarkan pada ....
A. penemuan prasasti dalam bentuk Yupa di Kutai Kalimantan Timur
B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan
C. penemuan arca perunggu di bukit Siguntang di Sumatra Selatan
D. peninggalan berupa Candi Borobudur dan Candi Prambanan
E. penemuan prasasti dari Kerajaan Tarumanegara
Catatan: Jawaban ditulis di halaman bloger ini
Aisyah Nur Jannah
BalasHapusXI IPS 1
1.B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
2.B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
3.E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
4.A. (1) dan (2)
5.B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan
Cut Yusi Ratu Aulia
BalasHapusXI IPS 1
1. b. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
2. a. latar historis masyarakat Indonesia yang kesukuan dengan sistem paguyuban
3. e. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
4. a. (1) dan (2)
5. b. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan
Bintang Anugrah
BalasHapusXI IPS 1
1. B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya.
2. A. latar historis masyarakat Indonesia yang kesukuan dengan sistem paguyuban.
3. E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India.
4. A. (1) dan (2).
5. B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan.
Shanaya Aulia Irvan
BalasHapusXI IPS 1
1.B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
2.B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
3.E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
4.A. (1) dan (2)
5.B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan
Firda irma dela putri
BalasHapusXI IPS 1
1.B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
2.B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi
masyarakat
3.E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
4.A. (1) dan (2)
5.B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan
Mayang Duwi Lestari
BalasHapusXI IPS 1
1.B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
2.B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
3.E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
4.A. (1) dan (2)
5.B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan.
Muhammad Afgan Shaq
BalasHapusXI IPS 1
1. B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
2.B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
3.E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
4.A. (1) dan (2)
5.B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan
friza aqif arafi
BalasHapusxi ips 1
1.b menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
2.b konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
3.e bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
4.a (1) dan (2)
5.b penemuan arca perunggu di daerah sempaga sulawesi selatan
Galang Bayu Aji
BalasHapusXI IPS 1
1.B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
2.B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
3.E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
4.A. (1) dan (2)
5.B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan.
Raditya Tri W
BalasHapusXI IPS 1
B. menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
2.B. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
3.E. bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
4.A. (1) dan (2)
5.B. penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan
Kurniawan Sidiq
BalasHapusXI IPS 1
1.) B. Menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya
2.) B. Konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
3.) E. Bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India
4.) A. (1) dan (2)
5.) B. Penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan
Yolanda Febri Mulia Putri
BalasHapusXI IPS 1
1. b. menjaga kemurnian keturnan suku bangsa arya
2. b. konsep kasta terlalu kaku dalam membagi masyarakat
3. e. bangsa indoensia dalam proses penyebaran budaya india
4. a. (1) dan (2)
5. b . penemuan acara perunggu di daerah sempaga sulawesi selatan
Annisa Dwi Handayani
BalasHapusXI IPS 1
1. B. Menjaga kemurnian keturunan suku bangsa Arya.
2. A. Latar historis masyarakat Indonesia yang kesukuan dengan sistem paguyuban.
3. E. Bangsa Indonesia dalam proses penyebaran budaya India.
4. A. (1) dan (2).
5. B. Penemuan arca perunggu di daerah Sempaga Sulawesi Selatan.