Pembelajaran sejarah, menjadi sesuatu yang membebani dan tidak menyenangkan.
Kondisi tersebut disebabkan pembelajaran yang sering terjadi di kelas yang tidak melibatkan siswa
dalam belajar. Kegiatan banyak didominasi dan terpusat pada guru. Padahal teknik tersebut banyak memiliki
kelemahan. Kelemahan tersebut dapat dilihat pada
saat berlangsungnya proses
pembelajaran di kelas, interaksi
aktif
antara
siswa dengan guru atau
siswa dengan siswa jarang terjadi.
Siswa kurang terampil menjawab
pertanyaan atau bertanya
tentang konsep yang diajarkan. Siswa kurang
bisa bekerja dalam
kelompok diskusi dan pemecahan
masalah yang
diberikan.
Mereka
cenderung belajar
sendiri-sendiri.
Pengetahuan yang didapat
bukan
dibangun
sendiri
secara
bertahap
oleh siswa atas dasar pemahaman sendiri. Karena
siswa jarang menemukan
jawaban atas permasalahan
atau konsep yang dipelajari
Permasalahan di atas, dapat
diatasi dengan Metode Question Student Have
(pertanyaan dari siswa). Strategi ini digunakan untuk mempelajari tentang
keinginan dan harapan anak didik sebagai dasar untuk memaksimalkan potensi yang
mereka miliki. Metode ini menggunakan sebuah teknik untuk mendapatkan
partisipasi siswa melalui tulisan. Hal ini sangat baik digunakan pada siswa
yang kurang berani mengungkapkan pertanyaan, keinginan dan harapan-harapannya
melalui percakapan.
Prosedur :
1.
Bagikan
kartu kosong kepada siswa
2.
Mintalah
setiap siswa menulis beberapa pertanyaan yang mereka miliki tentang mata
pelajaran atau sifat pelajaran yang sedang dipelajari.
3.
Putarlah
kartu tersebut searah keliling jarum jam. Ketika setiap kartu diedarkan pada
peserta berikutnya, peserta tersebut harus membacanya dan memberikan tanda cek
di sana jika pertanyaan yang sama yang mereka ajukan.
4.
Saat
kartu kembali pada penulisnya, setiap peserta telah memeriksa semua pertanyaan
yang diajukan oleh kelompok tersebut. Fase ini akan mengidentifikasi pertanyaan
mana yang banyak dipertanyakan. Jawab masing-masing pertanyaan tersebut dengan
:
a. langsung atau berikan jawaban yang berani
b. Menunda jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut sampai waktu
a. langsung atau berikan jawaban yang berani
b. Menunda jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut sampai waktu
yang
tepat
c. Meluruskan pertanyaan yang tidak menunjukkan suatu pertanyaan
5. Panggil beberapa peserta berbagi pertanyaan secara sukarela, sekalipun
c. Meluruskan pertanyaan yang tidak menunjukkan suatu pertanyaan
5. Panggil beberapa peserta berbagi pertanyaan secara sukarela, sekalipun
pertanyaan
mereka tidak memperoleh suara terbanyak
6. Kumpulkan semua kartu. Kartu tersebut mungkin berisi pertanyaan-
6. Kumpulkan semua kartu. Kartu tersebut mungkin berisi pertanyaan-
pertanyaan
yang mungkin dijawab pada pertemuan berikutnya.
Variasi :
1.
Jika kelas terlalu besar dan memakan waktu
saat memberikan kartu pada siswa, buatlah kelas menjadi sub- kelompok dan
lakukan instruksi yang sama. Atau kumpulkan kartu dengan mudah tanpa
menghabiskan waktu dan jawab salah satu pertanyaan.
2.
Meskipun
meminta pertanyaan dengan kartu indeks, mintalah peserta menulis harapan mereka
dan atau mengenai kelas, topik yang akan anda bahas atau alasan dasar untuk
partisipasi kelas yang akan mereka amati.
3.
Variasi dapat pula dilakukan dengan meminta
peserta untuk memeriksa dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh
kelompok tersebut, sehingga fase ini akan dapat mengidentifikasi pertanyaan
mana yang mendapat jawaban terbanyak, sebagai indikasi penguasaan anak terhadap
objek yang dipertanyakan.
Aplikasi
Metode
Question Student Have
diharapkan akan meningkatkan minat dan aktifitas sekaligus partisipasi siswa
dalam pembelajaran sejarah.
SELAMAT
MENCOBA
Bahan bacaan:
Silberman, Mel, Active Learning, 101 Strategi
Pembelajaran Aktif, (terjemahan Sarjuli et al.) Yogyakarta, YAPPENDIS, 2004.
Walgito, Bimo, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta,
Andi Offset, 1997.
Wenger, Win, Beyond Teaching and Learning, Memadukan
Quantum Teaching & Learning, (terjemahan Ria Sirait dan Purwanto), Nuansa,
2003.
Yamin, Martinis, Strategi Pembelajaran Berbasis
Kompetensi, Jakarta, Gaung Persada Press, 2003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar