PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Sejarah
Wajib
Satuan Pendidikan : SMA
Al Azhar 3 Bandar Lampung
Kelas / Semester : X
Tahun Pelajaran : 2017/2018
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif, dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
SEMESTER
|
KD
|
ALOKASI WAKTU
|
1
|
3.1 Memahami konsep
berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah
4.1 Menyajikan hasil penerapan konsep berpikir
kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam peristiwa sejarah
dalam bentuk tulisan atau bentuk lain.
|
4
x 45 Menit
2
X Pertemuan
|
1
|
3.2 Menganalisis kehidupan manusia dalam
perubahan dan
keberlanjutan
4.2 Menyajikan
hasil telaah dalam bentuk tertulis tentang keterkaitan
kehidupan manusia dalam perubahan dan
keberlanjutan
|
4
x 45 Menit
2
X Pertemuan
|
1
|
3.3 Menganalisis kehidupan manusia purba dan
asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (melanesoid, proto, dan deutero
melayu).
4.3 Menyajikan informasi mengenai kehidupan
manusia purba dan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (melanesoid, proto,
dan deutero melayu) dalam bentuk tulisan
|
4
x 45 Menit
2
X Pertemuan
|
1
|
3.4 Memahami hasil-hasil dan nilai-nilai
budaya masyarakat praaksara Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan
lingkungan terdekat.
4.4 Menyajikan hasil-hasil dan nilai-nilai budaya
masyarakat praaksara Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan lingkungan
terdekat dalam bentuk tulisan
|
4
x 45 Menit
2
X Pertemuan
|
1
|
3.5 Menganalisis berbagai teori tentang proses
masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha ke Indonesia
4.5 Mengolah informasi tentang proses masuknya
agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha ke Indonesia serta pengaruhnya pada
kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk
tulisan
|
4
x 45 Menit
2
X Pertemuan
|
2
|
3.6 Menganalisis perkembangan kehidupan
masyarakat,
pemerintahan, dan budaya pada masa
kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia serta menunjukkan contoh
bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
4.6 Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk
tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa
kerajaan Hindu dan Buddha yang masih berkelanjutan
dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini.
|
4
x 45 Menit
2 X Pertemuan
|
2
|
3.6 Menganalisis berbagai teori tentang proses
masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia.
4.7 Mengolah informasi teori tentang proses
masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia dengan menerapkan cara
berpikir sejarah, serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan.
|
4
x 45 Menit
2 X Pertemuan
|
2
|
3.8 Menganal isis perkembangan
kehidupan masyarakat
pemerintahan, dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Islam di
Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada
kehidupan masyarakat Indonesia masa kini
4.8 Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk
tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa
kerajaan Islam dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada
masa kini.
|
4
x 45 Menit
2 X Pertemuan
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. Hi.
Ma’arifuddin, Mz., M.Pd.I.
NIP. 1968317
2000 03 1 006
|
|
Guru Mata Pelajaran Sejarah
Selamet Kamso, M.Pd.
NIK. 19670910
200807 1 208
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar