Selasa, 06 Februari 2018

Prota Sejarah



PROGRAM TAHUNAN
                                                                                                  
Mata Pelajaran          :      Sejarah  Wajib
Satuan Pendidikan     :      SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung
Kelas / Semester       :      X
Tahun Pelajaran         :      2017/2018

Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli  (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan  pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis  pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

SEMESTER
KD
ALOKASI WAKTU
1
3.1   Memahami konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam sejarah

4.1   Menyajikan hasil penerapan konsep berpikir kronologis, diakronik, sinkronik, ruang, dan waktu dalam peristiwa sejarah dalam bentuk tulisan atau bentuk lain.
4 x 45 Menit
2 X Pertemuan
1
3.2   Menganalisis kehidupan manusia dalam perubahan dan
keberlanjutan

4.2 Menyajikan hasil telaah dalam bentuk tertulis tentang keterkaitan
       kehidupan manusia dalam perubahan dan keberlanjutan

4 x 45 Menit
2 X Pertemuan
1
3.3   Menganalisis kehidupan manusia purba dan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (melanesoid, proto, dan deutero melayu).

4.3   Menyajikan informasi mengenai kehidupan manusia purba dan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia (melanesoid, proto, dan deutero melayu) dalam bentuk tulisan
4 x 45 Menit
2 X Pertemuan
1
3.4   Memahami hasil-hasil dan nilai-nilai budaya masyarakat praaksara Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan lingkungan terdekat.

4.4   Menyajikan hasil-hasil dan nilai-nilai budaya masyarakat praaksara Indonesia dan pengaruhnya dalam kehidupan lingkungan terdekat dalam bentuk tulisan
4 x 45 Menit
2 X Pertemuan
1
3.5  Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha ke Indonesia

4.5   Mengolah informasi tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Hindu dan Buddha ke Indonesia serta pengaruhnya pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan
4 x 45 Menit
2 X Pertemuan
2
3.6   Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat,
         pemerintahan, dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.

4.6   Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan Hindu dan Buddha yang  masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini.
4 x 45 Menit
2 X Pertemuan
2
3.6   Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia.

4.7   Mengolah informasi teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia dengan menerapkan cara berpikir sejarah, serta mengemukakannya dalam bentuk tulisan.
4 x 45 Menit
2 X Pertemuan
2
3.8   Menganal isis perkembangan kehidupan masyarakat        pemerintahan, dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia serta menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini

4.8   Menyajikan hasil penalaran dalam bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan Islam dan masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa kini.
4 x 45 Menit
2 X Pertemuan

Mengetahui,
Kepala Sekolah



Drs. Hi. Ma’arifuddin, Mz., M.Pd.I.
NIP. 1968317 2000 03 1 006


Guru Mata Pelajaran Sejarah




Selamet Kamso, M.Pd.
NIK. 19670910 200807 1 208

Tidak ada komentar:

Posting Komentar